on 1 comment

14 Tanda Bahwa Kamu Kekurangan Minum Air Putih

Jangan remehkan segelas air putih.

Segelas air putih biasa memang tidak dapat dibandingkan kenikmatannya dengan segelas kopi, teh ataupun soda. Tapi tahukah kamu 2/3 tubuh kita berisi cairan. Kekurangan asupan cairan dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak bagus untuk tubuh kita. Maka perhatikan 14 gejala ini apabila kamu kurang yakin bahwa tubuh kamu kekurangan air.


1. Mulut kamu kering
Hal ini tampaknya cukup jelas, bahkan bisa menjadi sebab mengapa kolega dan teman kamu menyingkir jika berhadapan dengan kamu, bau mulut. Tentu saja, setiap kali kamu merasakan sensasi lengket, semacam perasaan tidak enak di mulut kamu, kamu akan jelas meraih semacam minuman. Tapi minuman manis hanya solusi sementara untuk masalah yang lebih besar. Air minum melumasi membran mukosa mulut dan tenggorokan, yang akan terus menjaga mulut kamu tetap basah dengan air liur lebih lama pada tegukan pertama.

2. Kulit kamu kering
Kulit kamu adalah organ terbesar tubuh kamu, jadi tentu saja perlu untuk tetap terhidrasi. Bahkan, kulit kering adalah salah satu tanda awal tubuh kamu terkena dehidrasi, yang dapat mengakibatkan masalah yang lebih besar. Kurangnya air berarti kurangnya keringat, yang mengarah ke ketidakmampuan tubuh untuk membersihkan kelebihan kotoran dan minyak yang terakumulasi sepanjang hari. Jika kamu ingin mencegah jerawat, jalan pertama adalah kamu harus minum lebih banyak air.

3. Kamu merasakan rasa haus yang berlebihan
Kita sudah membahas mulut kering sebelumnya, tapi yang kali ini adalah rasa haus lidah yang seperti berada di gurun. Siapa pun yang pernah mabuk (karena alkohol) dapat memberitahukan kepada kamu bahwa, setelah bangun, tubuh kamu kekurangan cukup air. Alkohol membuat seluruh tubuh dehidrasi, dan otak akan membutuhkan air sampai tingkat cairan tubuh kamu terpenuhi. Dengarkan apa yang tubuh kamu katakan; ia tahu persis apa yang kamu butuhkan!

4. Mata kamu kering
Sekarang semua terlihat jelas bahwa air minum mempengaruhi lebih dari sekedar mulut dan tenggorokan. Kurangnya asupan air mengakibatkan mata kering, berwarna merah (sekali lagi, pikirkan apa yang kamu lihat di saat terakhir sebelum kamu KO karena mabuk). Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata kamu mengering. Jika kamu berpikir "Jadi apa masalahnya jika saya tidak bisa menangis?". Sadarilah bahwa ini dapat membahayakan untuk mata kamu, terutama jika kamu yang memakai contact lense setiap hari.

5. Kamu mengalami sakit persendian
Tulang rawan dan cakram tulang belakang kita terdiri dari air sekitar 80%. Ini merupakan kebutuhan mutlak untuk menjaga tulang kita dari gesekan satu sama lain dengan setiap langkah yang kita ambil. Dengan menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi, kamu memastikan bahwa sendi kamu dapat menyerap kejutan dari gerakan tiba-tiba, seperti berlari, melompat, atau jatuh canggung.

6. Massa otot kamu menurun
Otot-otot kamu juga sebagian besar terdiri dari air. Jelas, sedikit air dalam tubuh berarti massa otot berkurang. Minum air sebelum, selama, dan setelah latihan tidak hanya membuat kamu tetap terhidrasi dan nyaman, itu juga membawa air ke tempat yang tepat dalam tubuh kamu, dan mengurangi kesempatan terjadinya peradangan dan nyeri yang berkaitan dengan latihan dan angkat besi.

7. Durasi sakit kamu lebih lama
Minum air memungkinkan tubuh kamu untuk terus mengeluarkan racun. Organ kamu bekerja untuk menyaring produk limbah tertentu seperti mesin, tetapi jika kamu tidak mengisi bahan bakar mesin dengan air, maka hal itu tidak dapat bekerja dengan baik. Apa yang akhirnya terjadi dalam tubuh dehidrasi adalah organ mulai menarik air dari daerah yang memiliki air seperti di darah kamu, yang mengarah ke satu masalah yang baru.

8. Kamu merasa lelah dan lesu
Sebelumnya sudah kita jelaskan, bahwa ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka tubuh "meminjam" air dari darah kamu. Kurangnya kandungan air dalam darah darah akan mempengaruhi kandungan oksigen yang dibawa darah ke seluruh tubuh. Tentu saja, kekurangan oksigen mengakibatkan kantuk dan kelelahan langsung. Kurangnya stamina berarti kamu akan mulai mengalami kantuk yang lebih cepat daripada hari sebelumnya (dan ingat, kopi tidak akan membantu kamu dalam jangka panjang).

9. Kamu merasa lapar
Ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuh kamu mungkin mulai berpikir untuk perlu mengkonsumsi beberapa makanan. Hal ini terjadi sepanjang hari, dan malam hari ketika kamu bangun untuk mencari "midnight snack". Namun, makan makanan membuat lebih banyak pekerjaan bagi tubuh kamu, sedangkan meminum air akan memurnikan organ kamu dan mengisi organ kamu dengan bahan bakar yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas.

10.Kamu mengalami masalah pencernaan
Kita berbicara sebelumnya tentang lendir di mulut dan tenggorokan kita, dan bagaimana menjaga terhidrasi memungkinkan membran untuk berfungsi dengan benar. Hal ini juga berlaku untuk seluruh sistem pencernaan. Tanpa hidrasi yang tepat, jumlah dan kekuatan lendir di lambung berkurang, memungkinkan asam lambung untuk melakukan beberapa kerusakan besar untuk perut kamu. Hal ini menyebabkan apa yang biasa kita sebut sebagai sakit perut dan gangguan pencernaan.

11.Susah buang air besar (sembelit)
Seperti kami katakan, terhidrasi membantu melumasi sistem pencernaan. Selama proses dehidrasi, usus besar akan menggunakan air yang akan digunakan oleh organ lain pada langkah berikutnya dari proses pencernaan. Tanpa pergi ke hal yang lebih detail, saya akan membiarkan kamu mencari tahu sendiri pada organ mana yang dituju selanjutnya akan kekurangan air.

12.Sedikit buang air kecil
Percaya atau tidak, jika kamu tidak melakukan perjalanan ke kamar kecil 4-7 kali sehari, kamu mungkin tidak minum cukup air. Dan ketika kamu pergi untuk pertama kalinya, air seni harus menjadi warna kuning atau berwarna jernih. Jika air seni kamu berwarna kuning gelap, tubuh kamu memberitahu bahwa kamu kurang minum air. Dalam kasus ekstrim, dehidrasi dapat menyebabkan infeksi saluran kemih, dalam hal ini kamu harus berkonsultasi dengan dokter segera.

13.Kamu mengalami penuaan dini yang lebih cepat
Jumlah air yang dipertahankan oleh tubuh kita menurun secara alami seiring dengan bertambahnya usia. Jelas seiring bertambahnya usia, kita harus sadar untuk meningkatkan asupan air kita. Sementara penuaan dini lebih jelas kelihatan dari luar, kerusakan yang ditimbulkan akibat dari kekurangan air akan berdampak ke bagian dalam tubuh kita dan itu terasa dari waktu ke waktu. Untuk mengurangi risiko tersebut, penting untuk terus minum air di sepanjang hidup Anda.

14.Kamu membaca artikel ini dan sedang mencari tahu apa jawabannya
Saya minum air sepanjang waktu. Saya hampir selalu memiliki segelas atau sebotol air di samping saya, apakah saya sedang bekerja, tidak bekerja, ataupun istirahat di depan TV. Jika kamu membaca artikel ini, kemungkinan kamu akan berpikir "Ya, mungkin saya kurang minum air." Jadi, jika kamu berpikir seperti itu, tuangkan segelas air sekarang! Jangan berlebihan, tentu saja, tetapi jika kamu tidak mendapatkan jumlah yang disarankan (yang lebih tinggi daripada yang kamu pikir), tidak ada salahnya untuk minum berlebih. Sekarang jika boleh permisi, semua aktivitas mengetik ini telah membuat saya haus.

sumber: http://www.lifehack.org/articles/lifestyle/14-signs-youre-not-drinking-enough-water.html

1 comment:

  1. Terima kasih atas informasi yang telah anda bagikan,semoga bermanfaat.saya akan memberikan sedikit informasi tentang standar air minum yang anda anda konsumsi,dan dari mana anda dapat memperoleh sumber mata air gunung salak yang telah memenuhi standar air laik minum.Disini saya juga membagikan info tentang air kesehatan, air terapi, yaitu dengan mengkonsumsi kangen water Bagi anda yang memiliki bisnis depot air minum isi ulang perlu crmat dalam memilih bahan baku isi ulang untuk usaha anda.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.